marquee

keindahan senja di ujung hari

sunset

senja adalah saat dimana mentari meninggalkan bumi dengan menyisakan keindahan di ujung hari-harinya

Cipendok, the paradiso

Cipendok waterfall

Tebing terjal menggunung, di bawah lereng Gunung Slamet. Di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Banyumas. Dimana salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Sebuah obyek wisata alam yang sejuk dan menawan yang mampu memanjakan suasana bagi setiap pengunjungnya.Obyek wisata Curug Cipendok terletak tidak jauh dari kota Purwokerto (ibukota Kabupaten Banyumas). Tepatnya kurang lebih 25 km ke arah barat.

Letak geografis yang tidak susah dicari, dan mudah ditempuh dengan berbagai kendaraan baik kendaraan roda dua ataupun bermobil sampai lokasi parkir, dan berjalan menuju lokasi air terjun. Sepanjang perjalanan kita benar-benar dimanjakan oleh pemandangan alam di kanan dan kiri jalan menuju lokasi. Terdapat pula warung yang menjajakan Mendoan sebagai makanan khas Banyumas, susu murni yang bernilai gizi tinggi dapat anda temukan di warung-warung rumah penduduk. Satu kilometer sebelum mencapai gerbang Curug Cipendok anda masih disuguhi dengan pemandangan perkebunan tomat, cabai dan seledri cukup menarik dinimati dalam perjalanan menuju lokasi. Sungai-sungai kecil dengan air jernih mengalir, yang seolah mengajak kita untuk turun sejenak merasakan sejuk dan jernihnya air pegunungan.
Beranjak dari gerbang obyek wisata menyusuri jalan berliku dan naik turun yang sedikit memberikan variasi perjalanan yang indah. Tak hentinya pesona alam memberikan hidangan istimewa bagi insan pengunjungnya. Tanaman yang terawat dan beberapa rumah penduduk serta hawa sejuk pegunungan seolah memberikan ucapan selamat datang. Satu kilometer dari gerbang kita sampai di terminal tempat parkir yang luas dan nyaman. Istirahat sejenak meluruskan kaki dan menghirup udara segar. Berjalan menanjak menuju Curug Cipendok.
Dari areal parkir menuju lokasi air terjun hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki sekitar 10 menit. Jangan lupa persiapkan jas hujan atau payung, percikan air terjun akan memaksa kita untuk mandi dengan dinginnya air pegunungan. Lengkap sudah dan terbayar lunas rasa capek perjalanan setelah sampai lokasi dan diberikan keindahan alam ciptaan Tuhan yang begitu indah.
Lelah bermandikan percikan air terjun, kita dapat bersantai di taman. Dengan memesan kopi hangat di warung kompleks lokasi kita bisa sedikit bersantai sambil memutar pandangan di sekeliling hutan. Bagi para pelajar dapat menjadi ajang perjalanan wisata studi, dengan melihat dan mencatat beberapa jenis istilah tanaman langka.
Hari sudah cukup sore, rasa lelah sudah menghampiri dan kepuasan akan panorama alam sudah dinikmati. Saatnya berkemas ke rumah masing-masing. Bagi yang hendak mendirikan tenda disediakan pula lokasi yang aman dan nyaman untuk berkemah. Bagi yang hendak menginap di losmen terdapat pula beberapa penginapan dengan harga yang relatif terjangkau. Rasa kangen dan rindu akan pesona alam akan selalu hinggap saat aku teringat Curug Cipendok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar